Tuesday 10 December 2013

Aplikasi BBM lebih populer di Android

Seperti yang kita tahu, sejak tanggal 22 Oktober lalu, aplikasi BlackBerry Messenger atau yang lebih populer disebut BBM, telah dirilis pada gadget berbasis Android dan iOS. Aplikasi ini langsung menjadi perbincangan utama di segala situs media sosial. 

Tampilan aplikasi BBM di iPad

Aplikasi chatting BlackBerry tersebut langsung menduduki urutan 5 besar top download App Store di 50 negara. Sementara itu, BBM versi Android hanya masuk 10 besar daftar unduhan terpopuler di Indonesia, Afrika Selatan, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi.

Aplikasi ini disambut hangat oleh para pengguna gadget Andorid dan iOS, terutama mereka kalangan remaja. Kini, pengguna Android dan iOS juga bisa ber-chatting ria dengan rekan mereka yang menggunakan gadget BlackBerry. Sistem yang digunakan BBM Andorid ini juga sama persis dengan BBM aslinya. User dapat menginvite rekan chatting mereka dengan menggunakan pin yang akan menjadi identitas dari masing-masing user aplikasi ini.


Namun, menurut sumber yang saya baca, BBM sepertinya lebih diterima oleh user Andorid, ketimbang di iOS. Aplikasi ini duduk di urutan ke-38 terpopuler di App Store Amerika Serikat, tetapi mampu menembus ranking 11 di toko Google PlayStore negara yang sama. Hal serupa juga berlaku di beberapa negara lain, seperti Finlandia, Inggris, Kanada, dan Kuwait.

Ada kemungkinan menarik bahwa BlackBerry yang menyasar target audience profesional dewasa lebih populer di iOS karena demografi itu memang lebih banyak ditemukan di platform tersebut. BBM telah lama digunakan oleh kalangan korporat, mereka yang telah beralih ke iPhone bisa turut membawa aplikasi chatting tersebut..


Memenuhi Tugas Mata Kuliah PTIK
-Kuliah UPMB-





0 comments:

Post a Comment