Monday 4 November 2013

Reading a Book = Open The World

Membaca seharusnya telah menjadi rutinitas maupun gaya hidup bagi semua orang. Namun, rutinitas ini semakin jarang dilakukan oleh mereka yang notabene adalah kaum muda. Mereka berpikir, "reading a book is quite boring". Nah, pemikiran seperti ini yang harus kita buang jauh-jauh. Membaca itu mengasyikkan kok. Kita hanya perlu menerapkan taktik yang tepat ketika membaca sebuah buku.

Contohnya saja dalam membaca textbook. Buku ini hanya dipenuhi dengan teks-teks, dan biasanya memiliki ketebalan yang tidak sedikit. Hal inilah yang membuat banyak orang tidak tertarik untuk membacanya.
Namun, ada taktik yang bisa kita terapkan untuk membaca textbook, antara lain :
Pertama. Jangan membaca semua isi textbook. Bacalah informasi yang sedang Anda cari ataupun yang perlu Anda ketahui.
Kedua. Cari ide pokok pada tiap bahasan ataupun tiap paragraf yang Anda baca. Jadi Anda akan mendapatkan informasi inti tanpa harus membaca semuanya.
And then the most important point. Ketiga. Olah informasi yang telah Anda dapatkan. Mendapatkan informasi baru akan menjadi percuma apabila Anda tidak mengolahnya.





Tidak akan ada kerugian yang Anda dapat dengan membaca. Dengan membaca buku, akan semakin banyak informasi baru yang Anda dapatkan. Dengan membaca buku, akan semakin luas wawasan Anda. Semakin luas wawasan Anda, semakin Anda dihormati oleh orang lain.


Jadi, apa lagi yang perlu Anda khawatirkan dengan membaca buku? :))
Let's start reading a book and open the world!! 





“A reader lives a thousand lives before he dies, said Jojen. The man who never reads lives only one.”
― George R.R. Martin, A Dance with Dragons

1 comments:

Firman Hidayatullah said...

Gak salah pepatah mengatakan....

buku adalah jendela dunia......


btw sukses utk blognya...


#jgn lupa follow blog_q http://firmanzblog.blogspot.com/

Post a Comment